Kajian Bentuk Estetik terhadap kemasan produk HIT-MAT (Anti Nyamuk)




TUGAS ESTETIKA

Nama                           : Chomsiyah
Jurusan                        : Desain Komunikasi Visual
NIM                            : 201391004

Sumber : Google
Kajian tersebut didasarkan pada teori bentuk estetik yang terdiri dari enam asas berikut. Enam asas itu sendiri oleh Parker disebutnya sebagai logika bentuk estetis (a logic of esthetic form).


a.         Asas Kesatuan/Utuh (The Principle of Organic Unity)
Setiap unsur di dalam karya seni apapun itu bentuknya, haruslah bersifat cukup (balance), tidak kurang maupun lebih. Hal tersebut bertujuan agar secara keseluruhan sesuai dan serasi. Sebab keindahan karya seni haruslah terorganisir secara keseluruhan. Nilai karya seni secara keseluruhan itu sendiri bergantung pada timbal balik unsur-unsurnya. Antara unsur satu dengan unsur lainnya saling memerlukan dan saling mendukung.
Kemasan HIT-MAT ini sendiri memiliki beberapa unsur yang tentu saja saling mendukung. Mulai dari unsur warna, gambar, dan bentuk garis di dalamnya. Semua unsur yang terkandung di dalamnya menjadi kolaborasi yang sempurna dan menyatu, sehingga tampak utuh.  Di dalam karya seni, keutuhan itu merupakan pasangan dari suatu kesatuan di dalam diri penikmat seni. Seni itu sendiri tidak hanya perwujudan dari emosi estetis seniman saja, melainkan juga hasil imajinasi penikmat seni.
b.         Asas Tema (The Principle of Theme)
Prinsip dalam asas tema terkait erat dengan karakter dominan yang terdapat di dalam karya seni. Dalam hal ini, kemasan HIT-MAT yang didominasi dengan warna biru tua, lalu terdapat warna kuning di bagian atasnya, yang mana di depan background kuning itu terdapat tulisan dengan warna merah membuat penampilannya mencolok, sehingga tampak lebih menarik dan elegant. Jika tulisan dengan huruf warna merah tadi memiliki backround kuning, maka backround dengan warna biru tua yang lebih dominan di depannya terdapat tulisan pendukung dengan warna kuning dan putih. Selain itu, ada juga lingkaran dengan tiga warna yang warna terdalamnya kuning, diikuti orange muda dan orange tua, serta di depannya terdapat gambar nyamuk. Temanya yang bersifat sederhana membuat kemasan HIT-MAT menarik dengan tampilannya yang mengkombinasikan warna-warna yang serasi.
c.          Asas Variasi menurut Tema (The Principle of Thematic Variation)
 Pada bahasan sebelumnya berdasar Asas Tema, saya telah menemukan induk tema yang mana terdapat pola-pola, garis, bentuk dan warna yang mendominasi. Seperti tulisan HIT dengan MAT sendiri memiliki pola huruf serupa, namun memiliki warna dan ukuran yang berbeda. HIT dengan warna kuning dan berukuran lebih besar ketimbang tulisan MAT yang berwarna putih. Contoh dari keberbedaan ukuran dan warna tulisan yang jenis tulisannya serupa inilah yang disebut variasi tema.
d.         Asas Keseimbangan (The Principle of Balance)
Keseimbangan itu sendiri adalah kesamaan dari elemen-elemen yang kontras dan saling bertentangan. Seperti kombinasi warna biru dan kuning dalam kemasan HIT-MAT tampak sangat kontras. Namun, meski pun kedua warna tersebut saling bertentangan, pada dasarnya kedua elemen warna tersebut memerlukan satu sama lain sehingga terciptalah keutuhan itu sendiri.
e.          Asas Perkembangan (The Principle of Evolution)
Asas ini membahas keutuhan dari suatu proses ketika bagian yang lebih awal menentukan bagian-bagian berikutnya dan secara bersama-sama menciptakan arti keseluruhan. Seperti dalam konteks cerita, ia memiliki alur yang kemudian berkembang, memuncak mencapai klimaks dan akhirnya kembali turun. Dalam konsepnya, kemasan HIT-MAT dengan warna biru tua sebagai warna dasar terlihat lebih kalem dan sederhana, lalu kemudian terdapat warna kuning yang menjadikan tampilannya menjadi mencolok. Maka, dalam hal ini klimaks dari keseluruhan unsur pembangun pada kemasan tersebut terdapat pada warna kuning. Apresiasi inilah yang merupakan arti dari keseluruhan perkembangan.
f.          Asas Tatajenjang (The Principle of Hierarchy)
Di dalam kemasan HIT-MAT ini terdapat satu unsur yang menurut saya memegang kedudukan sentral, yaitu tulisan GRATIS isi 12 MAT! dengan background kuning. Unsur ini menggambarkan kesan tegas yang memiliki arti lebih daripada elemen-elemen lain. Di mana maksud dari tulisan berwarna merah tersebut merupakan perilaku promosi yang tentu saja menjadi daya tarik sehingga konsumen tertarik untuk membeli HIT-MAT. Sehingga, tulisan berwarna merah ini menduduki hierarki sentral dalam kemasan HIT-MAT yang saya ulas di atas. []

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Logo

Hasil Seleksi Tahap I Paramadina Fellowship (PF) 2011