Kajian Bentuk Estetik terhadap kemasan produk HIT-MAT (Anti Nyamuk)
TUGAS ESTETIKA
Nama : Chomsiyah
Jurusan : Desain Komunikasi
Visual
NIM : 201391004
Sumber : Google |
a.
Asas
Kesatuan/Utuh (The Principle of Organic
Unity)
Setiap
unsur di dalam karya seni apapun itu bentuknya, haruslah bersifat cukup (balance), tidak kurang maupun lebih. Hal
tersebut bertujuan agar secara keseluruhan sesuai dan serasi. Sebab keindahan
karya seni haruslah terorganisir secara keseluruhan. Nilai karya seni secara
keseluruhan itu sendiri bergantung pada timbal balik unsur-unsurnya. Antara
unsur satu dengan unsur lainnya saling memerlukan dan saling mendukung.
Kemasan
HIT-MAT
ini sendiri memiliki beberapa unsur yang tentu saja saling mendukung. Mulai
dari unsur warna, gambar, dan bentuk garis di dalamnya. Semua unsur yang
terkandung di dalamnya menjadi kolaborasi yang sempurna dan menyatu, sehingga
tampak utuh. Di dalam karya seni,
keutuhan itu merupakan pasangan dari suatu kesatuan di dalam diri penikmat
seni. Seni itu sendiri tidak hanya perwujudan dari emosi estetis seniman saja,
melainkan juga hasil imajinasi penikmat seni.
b.
Asas
Tema (The Principle of Theme)
Prinsip
dalam asas tema terkait erat dengan karakter dominan yang terdapat di dalam
karya seni. Dalam hal ini, kemasan HIT-MAT
yang didominasi dengan warna biru tua, lalu terdapat warna kuning di bagian
atasnya, yang mana di depan background kuning itu terdapat tulisan dengan warna
merah membuat penampilannya mencolok, sehingga tampak lebih menarik dan
elegant. Jika tulisan dengan huruf warna merah tadi memiliki backround kuning,
maka backround dengan warna biru tua yang lebih dominan di depannya terdapat
tulisan pendukung dengan warna kuning dan putih. Selain itu, ada juga lingkaran
dengan tiga warna yang warna terdalamnya kuning, diikuti orange muda dan orange
tua, serta di depannya terdapat gambar nyamuk. Temanya yang bersifat sederhana
membuat kemasan HIT-MAT menarik dengan
tampilannya yang mengkombinasikan warna-warna yang serasi.
c.
Asas
Variasi menurut Tema (The Principle of
Thematic Variation)
Pada bahasan sebelumnya berdasar Asas Tema,
saya telah menemukan induk tema yang mana terdapat pola-pola, garis, bentuk dan
warna yang mendominasi. Seperti tulisan HIT dengan MAT
sendiri memiliki pola huruf serupa, namun memiliki warna dan ukuran yang
berbeda. HIT dengan warna kuning dan berukuran lebih besar ketimbang tulisan MAT
yang berwarna putih. Contoh dari keberbedaan ukuran dan warna tulisan yang
jenis tulisannya serupa inilah yang disebut variasi tema.
d.
Asas
Keseimbangan (The Principle of Balance)
Keseimbangan
itu sendiri adalah kesamaan dari elemen-elemen yang kontras dan saling
bertentangan. Seperti kombinasi warna biru dan kuning dalam kemasan HIT-MAT
tampak sangat kontras. Namun, meski pun kedua warna tersebut saling
bertentangan, pada dasarnya kedua elemen warna tersebut memerlukan satu sama
lain sehingga terciptalah keutuhan itu sendiri.
e.
Asas
Perkembangan (The Principle of Evolution)
Asas
ini membahas keutuhan dari suatu proses ketika bagian yang lebih awal
menentukan bagian-bagian berikutnya dan secara bersama-sama menciptakan arti
keseluruhan. Seperti dalam konteks cerita, ia memiliki alur yang kemudian
berkembang, memuncak mencapai klimaks dan akhirnya kembali turun. Dalam
konsepnya, kemasan HIT-MAT dengan warna biru tua
sebagai warna dasar terlihat lebih kalem dan sederhana, lalu kemudian terdapat
warna kuning yang menjadikan tampilannya menjadi mencolok. Maka, dalam hal ini
klimaks dari keseluruhan unsur pembangun pada kemasan tersebut terdapat pada
warna kuning. Apresiasi inilah yang merupakan arti dari keseluruhan
perkembangan.
f.
Asas
Tatajenjang (The Principle of Hierarchy)
Di dalam kemasan
HIT-MAT
ini terdapat satu unsur yang menurut saya memegang kedudukan sentral, yaitu
tulisan GRATIS
isi 12 MAT! dengan background
kuning. Unsur ini menggambarkan kesan tegas yang memiliki arti lebih daripada
elemen-elemen lain. Di mana maksud dari tulisan berwarna merah tersebut merupakan
perilaku promosi yang tentu saja menjadi daya tarik sehingga konsumen tertarik
untuk membeli HIT-MAT. Sehingga, tulisan
berwarna merah ini menduduki hierarki sentral dalam kemasan HIT-MAT
yang saya ulas di atas. []
Komentar
Posting Komentar
Coment please...