ANALISIS SWOT SEBUAH PRODUK
TUGAS
SEMIOTIKA &
KOMUNIKASI BISNIS
Nama : Chomsiyah
Jurusan : Desain Komunikasi Visual U20
NIM :
20139104
Analisis SWOT pada handphone BlackBerry
:
Pengertian analisis/ analisa
sendiri merupakan kegiatan pengkajian dari sebuah kasus yang dilakukan secara
sistematis guna mengetahui isu yang sedang terjadi dan menemukan solusi
pemecahannya.
Analisis SWOT merupakan kegiatan
menganalisa suatu situasi dan kondisi dengan cara mendeskripsikan (memberikan
gambaran) sebuah produk yang ingin dianalisa. Analisa ini menjadikan situasi
dan kondisi sebagai faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan sesuai
kontribusinya masing-masing. Di sini perlu ditegaskan kembali bahwa analis SWOT
bukan merupakan media yang serta merta bisa dijadikan sebagai jalan keluar/
solusi yang pasti berhasil bagi masalah-masalah yang dihadapi sebuah
organisasi.
Berikut saya jabarkan mengenai
analisis SWOT dari handphone BlackBerry :
1. S
– Strength = Kekuatan
Situasi
atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat
ini. Di sini, kekuatan dari BlackBerry itu sendiri adalah :
· BlackBerry
merupakan produk yang memiliki brand-image
yang melekat di hati masyarakat dan sudah mendunia.
· BlackBerry
sudah berhasil menguasai pangsa pasar dunia.
· BlackBerry
telah memprakarsai lahirnya smartphone.
· BlackBerry
selalu berinovasi dalam menawarkan produk-produk berkualitas.
· Teknologi
yang diciptakan mengikuti perkembangan zaman dan menyediakan fitur-fitur
kekinian yang memberikan kenyamanan bagi konsumen.
· Desain
produknya bervariatif dan menarik sehingga diunggulkan.
· Harganya
yang terjangkau memungkinkan BlackBerry menjangkau semua kalangan masyarakat.
· BlackBerry
yang memiliki jaringan distribusi luas memungkinkan pemasaran produknya dengan
cepat merambah seluruh dunia.
· BlackBerry
di bawah naungan perusahan RIM (Research In Motion) pada tahun 2009 pernah
disebut-sebut sebagai perusahaan yang pertumbuhannya tercepat di dunia dengan
kenaikan laba sebesar 84% dalam kurun waktu tiga tahun meskipun terjadi resesi.
2. W
– Weakness = Kelemahan
Situasi
atau kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat
ini. Diantara kelemahannya yaitu :
· Kemunculan
smartphone bersistem operasi Android dan popularitas iPhone dari Apel Inc.
telah menggeser popularitas BlackBerry di pasaran.
· Jaringan
yang seringkali mengalami gangguan sehingga membuat kenyamanan konsumen
berkurang sehingga menyebabkan kekecewaan.
· System
pembaca dokumen pada smarthpone BlackBerry yang kurang bagus.
· Handphone
seringkali hang dan error karena terpengaruh banyaknya jumlah
kontak BlackBerry Messenger dan aplikasi di dalamnya.
3. O
– Opportunity = Peluang
Situasi
atau kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang
berkembang bagi organisasi di masa depan. Peluang tersebut meliputi :
· Produk
yang ditawarkan merupakan produk yang menawarkan kemudahan bagi masyarakat
dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien.
· Meningkatnya
permintaan masyarakat terhadap smartphone untuk memperlancar komunikasi dalam
dunia bisnis.
· Tingkat
gengsi yang tinggi pada masyarakat untuk berlomba-lomba memiliki alat
komunikasi yang canggih.
· Adanya
pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran smartphone BlackBerry yang tiada
batas.
· Adanya
pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang kuat memungkinkan pemasarannya
dengan cepat meluas.
· Tingginya
tingkat ketergantungan masyarakat pada barang elektronik yang high quality.
4. T
– Threat = Ancaman
Situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi
yang datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi d imasa
yang akan datang.
· Munculnya
produk smartphone baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain.
· Adanya
tawaran produk sejenis dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang relatif
lebih murah namun memiliki kualitas yang sama bagusnya.
· Terjadinya
krisis finansial bagi sebagian besar masyarakat sehingga menurunkan tingkat
daya beli masyarakat.
· Maraknya plagiasi atau pemalsuan produk.
· Maraknya plagiasi atau pemalsuan produk.
ijin ya
BalasHapus