Aku Malu


Aku Malu

Aku malu...
Indonesia.....
Kekayaanmu menyebabkan engkau menjadi incaran negara barat....
Kekayaanmu pula yang menyebabkan rakyatmu sengsara dan melarat....
Takkah kau malu ketika harga dirimu terinjak-injak?



Jangan pernah tanya ini salah siapa....
Sebab satu masalah tak hanya akan terjawab dengan sebait aksara....
Ketika jawab dari sebuah tanya mencuat ke permukaan,
Maka satu jawaban sebagai kepastian, pendidikan.....
Pendidikan berdasar norma ketuhanan.....
Agar korupsi dan segala bentuk manipulasi tak lagi menghiasi negeri....

Dulu kala, jauh sebelum Indonesia tercemari kebudayaan setan.....
Generasi kita tak separah masa kini....
Dimana tingkah dan perbuatan sudah tak lagi berpegang pada norma....
Jika boleh aku menggugat, sungguh aku ingin berkata “Aku malu”....
Malu menjadi bagian dari negara yang tak punya rasa malu ini...

Aku tahu, kau tahu, mereka juga tahu.....
Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas menganut Islam,
Islam yang disebut-sebut sebagai agama paling sempurna,
dengan segala syariat yang mengikatnya.....

Namun apa yang kau lihat?
Penganutnya banyak melakukan penyimpangan.....
Penganutnya tak lagi mengedepankan rasa malu dalam bertindak...
Apa gerangan penyebabnya?
Apakah norma tak lagi berpijak pada koridornya?
Apakah hukum Islam tak lagi diterapkan?
Telah luntur kah pendidikan agama yang diwariskan oleh pendahulu kita?
Lantas, kemanakah hendak kita meminta pertanggungjawaban di akhirat kelak?
Ketika mulut dan raga tak lagi mampu berdalih dari kekuasaan-Nya.....
Sementara sesal dan tangis jua tak lagi berguna....

Purwokerto, 26 Maret 2011 on 07:57

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Logo

Hasil Seleksi Tahap I Paramadina Fellowship (PF) 2011